SALAM PRAMUKA

NYALANYALI.COM – Gadis mungil itu terus saja memekikkan salam pramuka sambil tertawa lebar, tanda hatinya senang. Sedikit bergaya sambil sesekali tersenyum lebar saat Sang adik memintanya berpose untuk diambil gambar.

Baru beberapa minggu duduk dibangku kelas 7F, SMPN 1 Karangploso, Malang. Rara, demikian ia biasa dipanggil.

Berseragam pramuka lengkap, menuju ke sawah dibelakang perumahan tempatnya tinggal.

Berdua dengan adik yang bertugas menjadi fotografer, berjalan beriringan menyusuri pematang sawah. Dengan kanan kiri hamparan jerami yang mulai mengering, sebab musim panen padi baru saja usai.

Ingin memperingati hari jadi pramuka dengan caranya sendiri. Radhina Dzahabiyyah Ya’lafunaa, begitu nama lengkapnya. Terlalu jenuh untuk berdiam diri, meskipun hampir dua tahun telah terbiasa Rara beraktifitas dan belajar dari rumah.

Ingin benar-benar merasakan menjadi seorang Praja Muda Karana sesungguhnya. Pergi kealam bebas yang tersisa diantara bangunan beton yang berdiri merajalela.

Menikmati udara segar yang bisa menenangkan jiwa, bersih tanpa polusi, disertai sedikit bau khas batang padi yang sudah  mati.

Mulailah Rara mencari kayu bakar disekitar sawah dan juga ladang. Tentu saja terlebih dahulu meminta ijin kepada kakek petani Si empunya.

Bermodal sifat ramah dan kebiasaan sok akrab, seikat kayu bakar dengan mudah Rara dapat.

Cukup untuk membuat api unggun dihalaman rumah.

Harapan Rara tak terlalu tinggi, ingin dapat mengikuti jambore seperti yang biasa diadakan sebelum pandemi. Bertambah kawan baru dari berbagai daerah dan latar belakang, sambil menambah pengetahuan yang belum Rara dapatkan.

Menaklukkan alam juga tali temali, begitu sering Rara bicarakan dengan adik tersayang. Bak petualang ada saja keinginan yang ingin diwujudkan suatu hari nanti setelah berlalu pandemi,

Lukisan tentang alam yang Rara goreskan melalui pensil dan sapuan kuas diatas kanvas, sudah mewakili semua mimpinya yang belum sempat diceritakan.

Kemandirian dalam hidup menunjukkan bahwa Rara memang pantas untuk menjadi seorang praja muda karana sejati. Tak pernah berhenti mencoba dan berusaha sampai keinginan bisa tercapai.   

Selamat hari jadi dan salam selalu untuk pramuka Indonesia juga semua rakyat muda yang tak berhenti berkarya.

Malang, 14 Agustus 2021

DWI RATNA

Bagikan :

Advertisement